Sunday 10 September 2023

Update Harga Domba Texel dan Update Texel Super Terbaru di lampung selatan

Berapa harga domba Texel tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Texel Lamb dikenal dengan dagingnya yang unggul di seluruh dunia karena dagingnya yang ramping.

 

Domba Texel memiliki tubuh yang besar dan otot yang sangat kuat. Mereka juga memiliki bulu berwarna putih keabu-abuan. Penyebaran domba ini hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mempunyai banyak peternak. Sekilas wolnya mirip dengan Merino. Wol adalah perbedaan utama antara domba Texel dan Merino. Texel memang memiliki wol, tetapi hanya menutupi badan, tidak termasuk wajah dan kaki.

 

Berbeda dengan Merino, domba ini memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kakinya, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia. Berapa harga domba Texel super, fullblood atau cross saat ini? Sebelum kita membahas harganya, mari kita pelajari dulu sejarah Texel sebagai daging domba potong yang populer di Indonesia.

 

Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia

 

Pada abad ke-18, domba Texel didistribusikan ke lebih dari 35 negara di dunia, termasuk benua Eropa dan Amerika, serta Oseania. Di negara-negara ini, populasi Texel meningkat. Domba Texel terkenal dengan kemampuan beradaptasi dan daya tahannya yang sangat baik. Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Perkembangan pertama terjadi di Jawa Barat sebelum menyebar ke seluruh Pulau Jawa.

 

Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Domba Texel tidak seproduktif domba Merino sehingga berdampak lebih besar terhadap perekonomian suatu negara. Sampai saat ini peternakan domba Texel berpusat di Afrika, Belanda dan Australia. Oleh karena itu, Texel Indonesia adalah yang terbesar di antara negara-negara tersebut. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya.

 

Texel cross super harga mulai 1,75 juta dengan betina umur 6-7 bulan. Sedangkan laki-laki dengan umur dan jenis yang sama harganya sekitar 2 jutaan. Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Pasalnya harga satu golongan darah lengkap pria dewasa bisa mencapai 60 jutaan. Double Diamond adalah domba yang memegang rekor Texel termahal. Dia adalah seorang fullblood Texel berukuran besar yang dijual pada lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90,000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Harga domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Oleh karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Sedangkan untuk domba texel fullblood memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas dan sekaligus kualitas peternakan jauh lebih baik.

 

Untuk lebih memahami domba-domba ini, penting untuk mempelajari karakteristik mereka terlebih dahulu. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri tersebut.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Domba texel mempunyai bentuk fisik yang khas. Domba Texel lebih besar dari domba penghasil wol. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.

 

1. Badan berotot besar/besar

Ciri yang paling terlihat adalah tubuhnya yang besar dan berotot. Alasan ini pula yang menjadikan Texel sebagai salah satu domba terbaik di dunia. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Berkat bodi Texel yang kekar, tekstur dagingnya tidak banyak mengandung lemak.

 

2. Wajah Domba Texel Putih

Pada tampilan selanjutnya terlihat Texel adalah seekor domba berwarna putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba khusus ini. Hanya rambutnya yang pendek saja yang membuat bentuk kepala Texel semakin terlihat jelas.

 

3. Tidak Ada Rambut di Kepala dan Kaki

Wol tidak tumbuh di kaki Texel kecuali di kepala. Sehingga tampilan dari domba ini ‘lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing pada umumnya. Hanya bulu badan dan ekor saja yang ditumbuhi rambut sehingga membuatnya terlihat semakin besar.

 

Domba Texel dewasa dapat memiliki berat hingga 160 kg per ekor. Domba Texel juga merupakan raksasa daging. Kambing boer adalah raksasa daging di antara kambing.

 

4. Telinga Pendek ke Atas

Ciri fisik domba ini selanjutnya terletak pada bentuk telinganya. Telinga Texel sama saja, baik domba mahal maupun murah, yaitu pendek dan atas. Telinganya tampak menghadap ke depan (dengan posisi hampir mendatar).

 

5. Domba Texel memiliki hidung dan kuku berwarna hitam

Perhatikan hidung domba Texel dan kukunya jika bisa. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap (hitam).

 

Domba Texel Indonesia

 

Dari sifat domba yang jinak, kita mendapatkan seekor merpati. Bukan galak seperti adu kambing. Domba betina Texel bahkan lebih jinak karena ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Texel jantan sedikit lebih agresif dibandingkan betina. Karakter domba Texel dijelaskan lebih detail di bawah ini.

 

1. Meski badannya besar, namun tidak sulit untuk digerakkan

Tubuhnya besar, namun bulu-bulu di atasnya membuatnya semakin besar. Domba texel masih bisa bergerak dengan mudah. IniPasalnya, struktur genetik domba texel memang seperti itu sehingga tetap mampu menghasilkan daging kualitas dunia di setiap bagian tubuhnya.

 

2. Mudah untuk diperbanyak atau diperbanyak

Para peternak bersukacita! Domba Texel tidak terdapat pada domba Texel, sehingga meningkatkan produktivitas peternakan. Bahkan, Anda bisa membeli domba betina bunting jenis ini dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com (GB Farm).

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Texel tumbuh sangat cepat, seperti semua domba potong. Persediaan makanan harus cukup untuk makanan sehari-hari. Menurut penelitian, berat badan Texel dewasa antara 300g dan 600g setiap hari.

 

4. Perawatan mudah, daya tahan tubuh tinggi dan adaptasi mudah

Domba Texel mudah dirawat. Sebab, di kampung halamannya, Pulau Texel, domba ini telah belajar beradaptasi dalam berbagai kondisi ekstrem. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh dalam mengobati dirinya sendiri, kita bisa memulainya dengan ketahanannya yang kuat terhadap penyakit.

 

5. Bisa Ramah Jadi Bisa Jadi Hewan Peliharaan

Jika Anda senang bermain dengan domba atau kambing, maka Texel akan menjadi pilihan yang tepat. Kambing Kerdil mempunyai ukuran yang kecil, dan dimanfaatkan terutama sebagai kambing hias. Sedangkan Texel merupakan seekor kambing yang lucu dan menggemaskan dengan ukuran raksasa. Hubungi kami untuk penawaran harga domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun campuran di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi lainnya dapat ditemukan di website kami gibasbarokah.com atau di akun media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara Beternak Domba Texel di Indonesia

 

Penting untuk menggemukkan dan membesarkan domba dengan cepat saat beternak domba broiler, seperti Texel. Apakah yang penting hanya jenis dan pola pakan domba? Faktor terpenting yang perlu diperhatikan bukan hanya jenis dan polanya.

 

Anda juga dapat memelihara domba Anda dengan berbagai cara, antara lain membersihkan, merawat kandang, menilai kondisi fisiknya, dll. Silakan lihat berikut ini untuk lebih jelasnya.

 

1. Perhatian pada kandang: Pastikan kandang ideal untuk penggemukan.

Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang bersama untuk beberapa domba, serta kandang individu untuk memelihara hewan. Intinya, memperhatikan kandang bertujuan agar domba tidak stres. Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Faktor penyebabnya antara lain: kandang tidak nyaman, sering dilewati orang, sinar matahari tidak masuk, terlalu lembab/kering, sehingga kandang terlalu sempit.

 

2. Pakan domba dengan pola dan komposisi seimbang

Penting untuk mendapatkan pola dan komposisi yang tepat untuk pakan Anda. Semakin besar ukuran domba texel maka semakin banyak nutrisi yang dibutuhkannya. Nutrisi ini secara umum dibagi menjadi dua kategori: energi dan protein. Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat antara lain dedak padi (dedak merupakan campuran jagung, singkong dan dedak padi), ampas atau lumpur tahu, bungkil kelapa dan singkong. Pakan hijaunya antara lain rumput gajah, daun pisang, lamtoro, kaliandra dan daun lamtoro.

 

Jumlahnya hanya sedikit, sekitar 1-3% dari total bobot domba. Untuk pakan hijau (yang merupakan pakan utama) sekitar 10-25% dari total bobot domba.

 

Peternak tentunya dapat menambahkan pakan lain jika sudah teruji dan/atau berdasarkan pengalamannya. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Mengingat mahalnya harga domba Texel, maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi pakan di atas.

 

3. Perawatan Tubuh Fisik Domba

Domba texel, tidak seperti kambing, memiliki tubuh berbulu tebal. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik kepada dombanya setidaknya sekali atau dua kali sebulan. Beberapa anjuran perawatan antara lain: memandikan domba agar tetap bersih, menjaga kebersihan bulu, memotong kuku domba (umumnya setiap 6 bulan sekali). Anda bisa melakukan semuanya

 

Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.

 

4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Selanjutnya, peternak harus memantau kesehatan domba Texel. Pastinya Anda sudah tahu apa saja yang harus diperiksa pada domba. Anda bisa memeriksa hidung, mulut, kaki, atau gejala lainnya.

 

Pastikan mata, hidung, dan mulut Anda bersih (tidak ada lendir aneh). Periksa apakah keempat kaki domba dapat menopang tubuhnya dan memungkinkannya bergerak bebas. Juga, periksa perut apakah ada keberpihakan. Anus digunakan untuk menentukan jenis penyakit.

 

Peternak mampu melakukan pengendalian kesehatan dengan memperhatikan tingkah laku dombanya dan mengamati apakah wajar atau tidak. Jika Anda melihat gejala aneh lainnya, pisahkan dari domba lain. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.

 

5. Memberikan Suplemen dan Vitamin Jika Diperlukan

Langkah selanjutnya dalam beternak domba Texel adalah penggunaan vitamin atau suplemen khusus. Setiap peternak mempunyai cara tersendiri untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Gunakan suplemen pabrikan atau suplemen sayuran yang difermentasi.

 

Domba yang sakit memerlukan pengobatan dan pengobatan berkelanjutanmasuk. Kami dengan senang hati memberi Anda petunjuk jika Anda telah membeli domba dari GB Farm. Pelayanan ini menunjukkan bahwa GB Farm Ngawi peduli dalam setiap pembelian.

 

Harga Domba Texel Terlengkap Termurah di Gibas Barokah Farm

 

Jika Anda ingin menawarkan jenis domba Texel, kami merekomendasikan yang 100% murni asli (dengan sertifikasi peternakan Australia/Afrika). GB Farm dapat memberi Anda persilangan yang menghasilkan persilangan antara domba broiler super dan domba Texel.

 

GB Farm merupakan peternakan modern yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk Anda. Mulai dari jenis domba (Dorper, Awassi, Garut, Merino, Suffolk, dan Texel). Serta jenis kambing (Boer, Anglo Nubian, Alps, Saanen, Pygmy, hingga kambing kurban). Serta berbagai peralatan penunjang peternakan atau hasil olahannya.

 

Berikut ini beberapa contoh domba texel beserta harganya masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm menjual domba betina Texel mulai harga 1,5 juta. Ini merupakan harga terendah di pasar Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.

 

Ada dua jenis usia: 6-7 bulan, dan 8-10 bulan. Domba Texel betina ini merupakan hasil kawin silang dengan domba daging super yang kualitasnya terjamin. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel Betina Hamil

Ada dua pilihan: Texel hamil dengan domba atau Texel hamil dengan domba Dorper darah penuh. Mulai 3.000.000, texel bunting domba dengan domba. Sedangkan hamil dari Dorper fullblood asli, mulai dari 5 juta.

 

Kriteria yang diperlukan untuk domba texel bunting adalah: berat badan antara 40 dan 50 kg, dua kali vaksinasi FMD, 1-3 kali laktasi, 100% sehat. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba texel adalah jenis yang langka. Untuk memastikan ketersediaan stok, Anda dapat menghubungi kontak di gibasbarokah.com. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. Domba Texel Fullblood Asli

100% Fullblood Texel merupakan produk domba Texel terbaik. Meski begitu, harga Texelnya berkisar 50 jutaan, baik untuk pria maupun wanita. Semua keunggulan genetik bawaan Texel berada di dalam tubuh domba. Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena impor langsung berasal dari peternakan di Afrika. Kami menawarkan konsultasi gratis untuk mendiskusikan kebutuhan pertanian Anda. Pelayanan kami dijamin terbaik dan kami akan membantu anda sampai tujuan dengan selamat. Demikianlah informasi lengkap mengenai Ciri-ciri, Ciri-ciri, Sejarah, Cara Perawatan, dan Harga Domba Texel di Indonesia Tahun Ini.

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

No comments:

Post a Comment

Update Harga Domba Texel dan Update Texel Super Terbaru di lampung selatan

Berapa harga domba Texel tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Beland...